Pengertian manajemen – Kehidupan manusia tidak terlepas dengan
adanya transaksi yang dilakukan pada setiap hari. Seluruh transaksi dilakukan
harus mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Supaya pemasukan dan
pengeluaran ini tetap seimbang maka, seseorang harus dapat membuat manajemen
keuangan yang baik. Manajemen tidak hanya mengenai perihal keuangan tetapi juga
dapat digunakan untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam suatu organisasi.
Pengertian manajemen lainnya adalah sebagai ilmu pengetahuan
yang mengulas mengenai kerja sama antar manusia satu dengan lainnya. Agar lebih memahami
tentang manajemen maka, berikut ini adalah pengertian manajemen menurut para
ahli.
1. James A.F Stoner
Menurut James manajemen merupakan suatu proses merencanakan,
menggunakan dan mengorganisasikan sumber daya dengan cara yang optimal. Tujuan
pengoptimalan sumber daya tersebut yaitu agar semakin mudah dalam mencapai
tujuan organisasi.
2. George R. Terry
Manajemen adalah suatu rangka dari pekerjaan yang dilakukan
oleh suatu organisasi. Dalam proses menyusun kerangka kerja diperlukan kelompok
orang yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
3. Konntz
Manajemen merupakan suatu seni yang didasarkan pada ilmu.
Pemahaman ilmu ini nantinya akan diaplikasikan dalam suatu kelompok organisasi.
4. Manullang
Manajemen adalah seni dengan ilmu penyusunan,
pengorganisasian, pencatatan, pengawasan dan pengarahan sumber daya manusia
dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.
Dari ke-4 pendapat ahli tersebut, maka pengertian manajemen bisa
disimpulkan sebagai ilmu yang mendasari dalam mengolah dan mencapai tujuan pada
organisasi.
Sumber Pengertian Manjemen:
https://www.aanwijzing.com/2018/01/pengertian-manajemen-dan-unsurnya-pada-suatu-organisasi.html
https://thisilike-ilikethis.blogspot.com/2018/02/pengertian-manjemen-dan-unsur-unsurnya.html